Entri Populer

Jumat, 03 Februari 2012

Ups! Ciuman Saat Valentine Berisiko bagi Kesehatan

Bulan Februari dianggap sebagai bulan cinta. Tak heran memang, mengingat bulan ini ada perayaan hari Valentine atau hari kasih sayang. Namun, sebaiknya Anda dan pasangan jangan merayakannya.


Para ilmuwan mengingatkan setiap pasangan untuk tidak melakukan bentuk ungkapan kasih sayang, seperti ciuman pada saat perayaan Valentine yang akan jatuh pada 14 Februari mendatang. Hal ini disebabkan bulan ini merupakan musim puncak untuk penyakit menular.

"Pertengahan Februari biasanya merupakan musim puncak untuk penyakit menular, seperti flu babi (H1N1), pilek dan flu serta mononucleosis," ungkap Jorge Parada, direktur medis penyakit menular dari Loyola University Health System yang dilansir melalui indianexpress, Jumat (3/2).

Perubahan cuaca dan suhu sering disalahkan atas timbulnya batuk dan pilek musiman. Namun kenyataannya, pilek, batuk dan flu merupakan penyakit menular yang disebarkan melalui perpindahan virus dari satu orang ke orang lain.

"Suhu yang terlalu panas atau terlalu dingin dapat menyebabkan stres bagi tubuh, melemahkan pertahanan dalam melawan infeksi dan inilah yang membuat kita lebih rentan," tambahnya.

Parada menambahkan tak hanya berciuman yang dapat menyebarkan virus flu. Hari valentine selalu identik dengan keromantisan, sehingga banyak pasangan yang memilih untuk berbagi minum dari gelas yang sama atau makan dari satu garpu dan sendok, yang tanpa disadari telah terjadi perpindahan virus.

"Manusia dapat mengirimkan beberapa virus melalui air liur. Garpu, sendok, gelas atau serbet itu dapat bertindak sebagai jembatannya," papar Parada.

Parada menyarankan agar setiap pasangan melindungi dirinya sendiri dan orang yang dicintai dengan menghentikan penyebaran virus kepada orang lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar