Entri Populer

Sabtu, 11 Februari 2012

Tips Masak Beras Merah

Akhir-akhir ini banyak orang mulai mengkonsumsi beras merah, karena manfaatnya baik untuk tubuh. Beras merah organik tidak hanya sehat untuk dikonsumsi tapi juga mempunyai efek menyembuhkan.

Kandungan Indeks Glikemiknya yang rendah membuat beras ini aman dikonsumsi penderita diabetes mellitus. Sayangnya, tidak semua orang tahu cara memasak beras merah yang benar.

Memasak beras merah bukanlah hal yang sulit untuk dilakukan. Dengan cara yang tepat, beras merah mudah dimasak dan kandungan gizi tidak hilang.  Waktu memasak beras merah memang lebih lama dan butuh air yang lebih banyak dari beras biasa agar benar-benar matang.

Misalkan, 375 ml beras merah organik, 1 liter air, daun pandan/salam, sedikit garam. Didihkan air, daun salam/pandan, dan garam dalam panci ukuran 2 liter di atas api sedang.

Sebaiknya memasak beras merah ini seperti cara tradisional yaitu di tanak dulu (direbus) dan kemudian dikukus dalam dandang sampai matang. Bagi Anda yang baru belajar masak  beras merah, campur 2/3 beras merah dan 1/3 bagian beras putih.

Rebus dulu beras merah, begitu mulai mekar, masukkan beras putih. Masak terus sampai air hampir habis, lalu ditanak seperti biasa.

Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar