Entri Populer

Selasa, 16 Agustus 2011

5 Langkah Peregangan Otot di Pesawat

TERLALU lama duduk dalam sebuah penerbangan bisa membuat otot-otot menjadi tegang dan keram. Untuk itu diperlukan suata upaya peregangan, agar Anda tetap nyaman selama penerbangan.

Memutar leher

Saat Anda merasakan ketegangan pada leher belakang, lakukanlah peregangan dengan memutarkannya secara perlahan membentuk satu lingkaran penuh. Setelah itu miringkan kepala Anda ke belakang menghadap ke atas, dan lakukan pada arah sebaliknya. Lalu miringkan kearah kiri dan kanan.

Mengangkat bahu

Secara berkala, renggangkan bahu anda untuk membantu menghilangkan ketegangan pada bagian belakang tubuh dan bahu. Ini juga bisa mencegah sakit kepala.

Meregangkan bahu

Jika Anda sudah meregangkan bahu secara vertikal, saatnya regangkan bahu secara horizontal. Bentangkan tangan kanan Anda melewati tubuh bagian depan, dan gunakan tangan kiri untuk menahan bahu kanan. Lalu lakukanlah pada arah berlawanan.

Memutar tubuh

Bagian belakang tubuh merupakan bagian yang kerap mengalami ketegangan. Untuk itu sangatlah penting meregangkan otot pada bagian tersebut. Dalam posisi duduk, lakukanlah pergangan dengan memutarkannya. Duduk tegak di atas kursi, lalu mulailah putar tubuh Anda ke arah kanan secara perlahan untuk menghilangkan ketegangan pada bagian bawah belakang tubuh. Selanjutnya lakukan untuk arah sebaliknya. Putarlah badan Anda dengan sangat perlahan. Jika merasa kesakitan, segeralah berhenti.

Meregangkan urat kaki

Saat duduk, bentangkanlah kaki Anda ke arah depan dan angkat hingga sejajar. Lakukan pula gerakan menekuk-nekuk jemari kaki. Ini juga berguna untuk meregangkan otot kaki pada bagian belakang.

Melakukan peregangan selama perjalanan sangatlah penting untuk menjaga agar otot kita tetap lentur. Otot-otot pada tubuh kita saling berhubungan satu sama lain. Di saat salah satunya bermasalah, maka akan berdampak pada bagian lainnya. Jadi, luangkanlah waktu anda untuk melakukan peregangan tubuh selama perjalanan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar