Entri Populer

Sabtu, 27 Agustus 2011

Tips Nyaman Mudik Lebaran

LEBARAN sudah di depan mata. Kurang dari dua pekan lagi, umat muslim di seluruh penjuru dunia akan merayakan hari kemenangannya. Bagi Anda yang berniat mudik lebaran bersama keluarga, pastikan mempersiapkan segala sesuatu secara sempurna.
Nah, berikut ini adalah sejumlah hal yang perlu dipersiapkan menjelang mudik lebaran:
Kondisi tubuh
Perjalanan jauh bisa membuat tubuh lelah dan kekurangan tenaga. Apalagi jika perjalanan mudik ditempuh lewat jalur darat yang memakan waktu lebih lama. Persiapkan tubuh dengan tidur cukup dan mengonsumsi makanan bergizi agar berada dalam kondisi prima.
Transportasi Jika Anda berniat mudik menggunakan sarana transportasi publik seperti pesawat, bis, atau kereta, usahakan untuk membeli tiket sejak jauh-jauh hari. Tindakah ini berguna untuk mengantisipasi kehabisan tiket atau harga tiket yang melonjak mahal.
Sementara itu, jika Anda berencana menempuh perjalanan menggunakan kendaraan pribadi atau pinjaman, pastikan untuk memeriksa kondisi kendaraan secara menyeluruh. Periksa pula perlengkapan lain seperti ban serep, dongkrak, dan perkakas yang diperlukan.
Bekal
Jika Anda bepergian mengendarai mobil pribadi, siapkan bekal untuk piknik di tengah perjalanan. Bawa pula perlengkapan lain seperti piring, gelas, dan sendok plastik, serta tikar sebagai alas duduk.
Sebagai camilan, bawalah buah-buahan seperti apel atau pisang, kacang almond, biskuit whole grain, wortel, atau sekeping dark chocolate. Dengan demikian, Anda tidak perlu khawatir akan kelaparan selama perjalanan. Jangan lupa untuk meminum air putih dan menghindari minuman manis berkalori.
Meregangkan otot Apabila Anda menempuh perjalanan dengan mengendarai mobil pribadi, usahakan menepi setiap satu sampai dua jam untuk turun dan meregangkan otot yang kaku. Selain itu, pastikan untuk minum secara teratur agar tubuh tetap segar dan tidak kekurangan cairan.
Jika naik pesawat, usahakan untuk meregangkan kaki dengan berjalan menyusuri lorong pesawat bergitu tanda mengenakan sabuk pengaman sudah dimatikan. Hal ini berguna untuk melemaskan otot dan memperlancar peredaran darah.
Uang
Pastikan Anda memiliki sejumlah uang tunai yang cukup untuk perjalanan. Jangan mengandalkan kartu ATM atau kartu kredit, untuk mengantisipasi ketidaktersediaan fasilitas tersebut di perjalanan. Anda mungkin membutuhkannya untuk membayar makan di restoran atau mengisi bensin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar