Entri Populer

Senin, 29 Agustus 2011

Cara Hemat Baterai Smartphone Saat Mudik

KOMUNIKASI melalui ponsel saat liburan mudik dengan keluarga tentunya tidak ingin terkendala kehabisan daya baterai. Berikut ini cara memperpanjang kinerja baterai smartphone Android, Apple atau Windows:

1.Matikan layar

Tampilan pada layar yang dinyalakan akan menguras daya utama ponsel. Ada tiga pengaturan untuk menguranginya. Pertama kurangi 'Brightness hingga setengah atau sepertiga. Kedua hapus centang 'Automatic Brightness' dalam pengaturan 'Display'. Hal ini akan mematikan sirkuit dan menyesuaikan kecerahan backlight. Ketiga, mempersingkat waktu otomatis dengan mematikan default layar. Biasanya antara 1 menit sampai 30 detik.

2.Mengurangi atau menonaktifkan sikronisasi

Matikan semua sikronisasi otomatis. Anda masih dapat mengsinkronisasi secara manual setiap kali ingin memeriksa email, Twitter atau Facebook. SMS di ponsel masih bisa masuk otomatis.

3.Matikan konektivitas radio yang tidak digunakan

Lebih baik matikan konektivitas radio seperti Bluetooth, GPS dan WiFi. Ponsel yang memiliki fitur GPS biasanya otomatis terkoneksi. Gunakan pengaturan sistem dan pastikan aplikasi diatur saat akan digunakan.

4.Matikan animasi

Biasanya handset Android menggunakan layanan animasi. Atur tampilan melalui 'Settings' untuk 'Display', di atas tab 'Animation'. Lalu tinggal menyetel 'Some animations'--better--or 'No animations'.

5.Kelola aplikasi dan widget

Terkadang beberapa aplikasi tetap berjalan meskipun Anda berpikir sudah menonaktifkannya. Kunjungi pasar aplikasi seperti Android Market, App Store dan BlackBerry App World dan lakukan pengunduhan task manager. 'Advanced Task Killer' cukup mudah digunakan sebagai 'manajer' agar Anda selektif mengatur aplikasi yang berjalan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar