Entri Populer

Senin, 22 Agustus 2011

7 Manfaat Buah Berry Hitam untuk Tubuh

TIDAK hanya lezat, buah berry hitam atau blackberry juga kaya nutrisi. Nutrisi yang terkandung dalam buah berry hitam diyakini memberi banyak manfaat bagi tubuh.

Ingin tahu apa saja manfaat blackberry untuk tubuh? Simak pemaparan dari Dailymail berikut:

Kuatkan imun tubuh

Berry hitam kaya akan vitamin C dua kali lebih banyak dari buah berry biru. Vitamin C memiliki fungsi penting bagi tubuh di antaranya menguatkan sistem imun tubuh dan menyehatkan kardiovaskular –menurunkan tekanan darah.

Vitamin C juga mampu meningkatkan penyerapan zat besi makanan, sehingga mengurangi risiko anemia.

Sehatkan pencernaan

Berry hitam kaya akan serat jika dibanding buah lain. Dalam segenggam berry hitam sekira delapan gram, bisa mengandung serat sebanyak dua kali dari gandum tabur, maka Anda disarankan untuk mengonsumsi berry hitam 26 gram sehari.

Serat penting agar pencernaan tetap sehat, sehingga membantu menjaga berat tubuh. Serat juga membantu turunkan kolesterol.

Sembuhkan luka

Berry hitam kaya akan tannin. Memulaskannya pada luka akan mengencangkan jaringan kulit yang terbuka, sehingga mengurangi perdarahan.

Melawan kanker

Berry hitam mengandung anthocyanin, merupakan grup pigmen tanaman yang memiliki manfaat antioksidan. Beberapa anthocyanin mampu menghambat pertumbuhan sel tumor dan mempertahankan kadar kimiawi C3G dalam tubuh yang lebih diketahui sebagai flavonoids, yang secara efektif melawan kanker kulit dan kanker paru-paru.

Sehatkan mata

Berry hitam mengandung lutein yang dapat melindungi mata dari pembentukan pigmen pada bagian macula, area paling sensitif terhadap cahaya letaknya di belakang retina. Lutein membantu mencegah kerusakan mata yang disebabkan karena radiasi ultraviolet.

Pembentukan tulang

Segenggam berry hitam akan memberikan manfaat dua kali lipat dari kadar mangaan yang disarankan (sebuah sumber mineral hebat). Mangaan membantu tubuh membentuk jaringan yang kuat, penting bagi pembentukan tulang.

Mempercepat pertumbuhan sel baru

Berry hitam mengandung asam folat, atau yang lebih dikenal sebagai vitamin B9 yang penting bagi kesehatan, dan pertumbuhan sel tubuh. Disarankan bagi wanita yang tengah mengandung untuk mengonsumsi lebih banyak berry hitam untuk mencegah kelahiran cacat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar