Entri Populer

Sabtu, 27 Agustus 2011

Bantu Pasangan Usir Stres

SEBUAH studi baru menemukan, kaum pria saat ini lebih tegang daripada sebelumnya. Pekerjaan yang menggila dan perekonomian yang belum sepenuhnya pulih merupakan beberapa faktor yang menekan mereka.

Untungnya, menurut sejumlah pakar, ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk meringankan beban mereka. Sebagai bonus, hubungan Anda dan pasangan pun bisa jadi kian mesra.

Camilan
Suguhkan semangkuk camilan untuk dikudapnya. Mengunyah makanan yang renyah dapat membantu menurunkan tingkat stres otak. Sebab, tenaga fisik yang dikerahkannya untuk mengunyah makanan mengeluarkan sejumlah ketegangan dari tubuhnya. Hal itu sama seperti jika ia meremas bola stres.

Berdekatan
Dekatkan diri pada pasangan, tapi jangan berpelukan. Ketika laki-laki merasa cemas, ia biasanya lebih memilih diberikan ruang. Jadi, merangkak ke dalam pelukannya hanya akan membuat pasangan jengkel.

Namun, penelitian menunjukkan, ketika Anda berada dalam jarak tiga meter dari dirinya, tubuh lelaki mulai memproduksi oksitosin (hormon cinta yang berefek menenangkan) pada tingkat tinggi. Jika Anda dan pasangan sedang duduk di sofa, cukup dekatkan tubuh hingga paha Anda nyaris bersentuhan dengannya, tapi jangan berpelukan.

Atau, jika Anda berdua sedang di tempat tidur, berbaringlah sedemikian rupa sehingga Anda bisa merasakan panas tubuhnya.

Tantangan
Tantang pasangan untuk bermain Wii Tennis atau permainan lainnya. Sebuah permainan seperti ini membutuhkan perhatian fisik dan mental, sehingga pikirannya akan teralihkan dari tekanan yang dihadapi.

Ketika sifat kompetitifnya muncul, tubuh lelaki akan mulai berkeringat dan melepaskan dopamin, serotonis, dan berbagai zat kimia lainnya yang diasosiasikan dengan kebahagiaan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar