Entri Populer

Senin, 22 Agustus 2011

Mengenal Jenis-jenis Emas

HARGA emas yang terus meroket dari waktu ke waktu membuat logam mulia ini menjadi salah satu pilihan investasi yang menjanjikan. Dari beraneka jenis emas yang dijual di pasaran, yang mana pilihan investasi terbaik?

Emas tersedia dalam beberapa pilihan, mulai dari emas perhiasan, emas batangan, serta koin emas.

1. Emas perhiasan
Emas perhiasan merupakan jenis emas yang paling sering ditemui dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya dalam bentuk kalung, gelang, cincin, anting, liontin, tiara, dan lain-lain. Bila Anda berinvestasi untuk jangka pendek, sebaiknya jangan memilih emas perhiasan. Sebab, biasanya akan sulit untuk mendapatkan keuntungan.

Untuk setiap pembelian emas perhiasan, selain dikenakan harga emas yang dihitung berdasarkan berat dan karatnya, Anda juga akan dibebani biaya pengolahan emas menjadi perhiasan. Ketika Anda menjual kembali emas tersebut, toko biasanya tidak mau membayar ongkos pembuatan perhiasan itu.

Jika membeli emas perhiasan, sebaiknya simpan sebagai investasi jangka panjang karena harganya akan naik jauh dibandingkan ketika Anda membelinya. Selain itu, ada baiknya memilih emas perhiasan 24 karat karena kemungkinan untuk dijual kembali jauh lebih besar dibandingkan emas perhiasan 18 karat.

2. Emas batangan
Investasi emas yang cukup baik adalah dalam bentuk batangan (emas lantakan). Di Indonesia, emas batangan yang cukup terkenal adalah emas bermerek Logam Mulia yang diproduksi oleh PT Aneka Tambang dengan kadar emas 99,99 persen. Sebagai tanda keaslian, Anda akan mendapatkan sertifikat emas yang dibubuhi nomor seri, sesuai dengan nomor seri yang terukir pada emas batangan.

Berbeda dengan emas perhiasan, emas batangan lebih mudah dijual kembali. Selain itu, Anda juga tidak dikenakan ongkos pembuatan seperti jika membeli emas perhiasan.

3. Koin emas
Koin emas adalah jenis emas yang berbentuk koin. Di Indonesia, ada dua jenis koin emas yang paling dikenal masyarakat, yaitu koin emas ONH (Ongkos Naik Haji) dan koin dinar emas.

Koin emas ONH dimaksudkan sebagai alternatif bagi mereka yang ingin menabung sebagai persiapan untuk naik haji. Koin emas ONH bisa menjadi semacam garansi bagi orang-orang agar selamat dari inflasi, karena harga emas dipastikan ikut naik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar