Entri Populer

Jumat, 26 Agustus 2011

7 Syarat Pribadi Sehat

ISTILAH 'sehat itu mahal' tampak benar adanya. Untuk sehat, kita pun melakukan berbagai cara, mulai dari membiasakan hidup sehat hingga rutin memeriksakan diri ke dokter. Lalu bagaimana cara agar kita tahu bahwa kita ini sehat atau tidak?

Tenang, di balik segala kekhawatiran, Anda mungkin bahkan lebih sehat daripada yang pikirkan. Berikut ciri-ciri yang menandakan bahwa Anda sehat-sehat saja.

1. Urine berwarna
Jika Anda buang air kecil beberapa kali sehari dan bewarna kuning pucat atau gelap, itu berarti bahwa Anda cukup

terhidrasi dan ginjal Anda sehat. Sebaliknya, urine yang kurang berwarna menunjukkan bahwa Anda mungkin terhidrasi berlebihan. Itu memang taka pa, tapi waspada Anda juga bisa kehilangan zat garam berharga dan elektrolit.

2. BAB lancar
Feses normal memiliki berbagai bentuk, ukuran, dan warna. Tapi, selama tidak berdarah, atau menyakitkan keras, Anda mungkin baik-baik saja. Buang air besar secara rutin merupakan indikator kesehatan yang relatif. Ketika tubuh Anda mengolah limbah padat dengan cepat dan efisien, itu menunjukkan bahwa serat dalam makanan dan sistem pencernaan Anda bekerja dengan benar.

3. Berat stabil
Dengan asumsi Anda tidak terlalu kurus atau gemuk, berat badan relatif stabil merupakan pertanda kesehatan yang baik. Adapun diet yo-yo yang menyebabkan berat badan naik-turn secara drastis memiliki efek buruk yang signifikan.

4. Penyembuhan luka cepat
Waspada jika Anda mengalami luka kecil, goresan, atau luka bakar dan butuh waktu lama untuk menyembuhkannya. Atau, jika Anda mengalami memar yang tidak penyebabnya. Jika tidak, selamat! Pembekuan darah Anda normal, sel darah putih Anda tak mengandung bakteri, dan pembuluh darah sehat.

5. Rambut dan kuku sehat
Sistem integumen (yang mencakup rambut dan kuku) sering menjadi organ pertama yang kekurangan vitamin. Kekurangan itu dapat menyebabkan kuku dan rambut menjadi lemah dan rusak.

6. Menstruasi teratur
Periode reguler dengan gejala pramenstruasi yang normal adalah salah satu indikator terbaik bahwa sistem reproduksi Anda sehat. Menstruasi tidak teratur, menyakitkan, dan perdarahan yang berlebihan atau berkepanjangan adalah gejala-gejala yang harus diperiksakan ke dokter.

7. Gampang tidur
Benar sebagian besar dari kita tidak mendapatkan waktu tidur yang cukup dan insomnia sesekali dianggap normal. Tapi selama Anda tidur sepanjang malam secara teratur dan tidak mengalami berkeringat di malam hari atau terbangun berulang kali oleh keinginan untuk buang air kecil, Anda memiliki ritme tidur yang diperlukan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar