Entri Populer

Kamis, 27 Oktober 2011

Lima Tanda Anggaran Keuangan Bermasalah

APAKAH Anda termasuk salah satu orang yang selalu mencemaskan kondisi finansial setiap bulan? Jika perkara dana sering menjadi masalah, mungkin selama ini Anda kurang tepat dalam menyusun anggaran keuangan.

Berikut ini adalah sejumlah tanda yang menunjukkan bahwa anggaran keuangan yang Anda buat tidak berjalan sebagaimana mestinya sehingga perlu disesuaikan:

Anggaran keuangan di luar kendali
Jika Anda selalu khawatir dan merasa tidak pernah memiliki cukup uang, itu tandanya anggaran keuangan yang dibuat tidak sesuai dengan gaya hidup Anda. Pastikan untuk menghitung semua pengeluaran, termasuk biaya ekstra dan biaya bersenang-senang, ke dalam anggaran keuangan sehingga Anda tidak terkejut di penghujung bulan.

Membayar tagihan dengan kartu kredit
Anda mungkin memiliki pilihan untuk membayar sewa atau biaya bulanan lainnya menggunakan kartu kredit. Tapi, menggantungkan diri kepada kartu kredit untuk membayar semua pengeluaran merupakan salah satu tanda bahwa anggaran keuangan Anda perlu disesuaikan. Pastikan untuk menganggarkan tagihan bulanan secara akurat dan membayarnya tepat waktu agar Anda tidak tertimbun utang.

Tidak punya sisa tabungan
Pengeluaran yang bermacam-macam kadang membuat Anda tidak memiliki sisa uang sepeser pun untuk ditabung. Untuk mengakalinya, buat rencana tabungan dan sisihkan sejumlah uang setiap bulan sebesar yang telah ditentukan sehingga Anda tidak menggunakannya untuk keperluan lain. Buat ruang dalam anggaran keuangan untuk dana darurat. Simpan dana darurat tersebut ke dalam rekening tabungan terpisah untuk digunakan sewaktu-waktu timbul keadaan darurat (anggota keluarga sakit, kecelakaan, dll).

Bokek tiap akhir bulan
Ketidaktepatan menyusun anggaran dapat membuat Anda cepat kehabisan uang. Orang sangat mudah menghambur-hamburkan uang untuk membeli ini dan itu apabila rekening tabungannya penuh. Berhati-hatilah merogoh kocek dan patuhi anggaran yang telah dibuat agar Anda tidak menguras habis isi tabungan sebelum akhir bulan.

Selalu meminjam uang
Salah satu tanda jelas bahwa Anda gagal menjalankan anggaran keuangan atau pemboros adalah jika selalu meminjam uang dari teman-teman atau anggota keluarga. Atau, jika bukan seorang pengutang, Anda mungkin sering menggunakan dana darurat untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari. Penganggaran yang baik akan membantu Anda hidup sesuai kebutuhan sehingga tidak perlu lagi meminjam uang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar