Entri Populer

Senin, 24 Oktober 2011

10 Alasan Sehat Bercinta

SEKS tidak hanya berfungsi sebagai sarana reproduksi dan menguatkan hubungan antara pasangan, tetapi juga baik untuk kesehatan tubuh. Berikut beberapa manfaat sehat yang bisa Anda dapatkan dengan melakukan hubungan intim secara aktif.

1. Olahraga. Menurut Dr. Michael Cirigliano dari University of Pennsylvania School of Medicine, aktivitas seksual merupakan salah satu bentuk aktivitas fisik. Berhubungan intim tiga kali seminggu, terang Cirigliano, bisa membakar sekitar 7.500 kalori per tahun. Jumlah ini setara dengan jogging sepanjang 75 mil.

2. Tingkatkan fungsi organ dan jaringan. Bercinta bisa meningkatkan jumlah oksigen di dalam sel-sel. Hal ini akan menjaga agar organ-oragn dan jaringan tetap berfungsi secara maksimal.

3. Kuatkan tulang dan otot. Setiap aktivitas fisik, menurut direktur Sex and Marital Therapy Program di Chicago's Northwestern University Medical Center Dr. Karen Donahey, akan meningkatkan jumlah testosteron. Testosteron diyakini membantu menjaga kekuatan tulang dan otot laki-laki.

4. Turunkan kolesterol. Bercinta secara teratur bisa menurunkan kadar kolesterol total tubuh. Selain itu, seks juga dinyatakan secara positif menyeimbangkan perbandingan kolesterol baik dan buruk.

5. Redakan sakit. Menurut Dr. Beverly Whipple, presiden American Association of Sex Educators, Counselors and Therapists, seks bisa mengurangi rasa sakit akibat radang sendi, dipukul, atau sakit kepala. Hormon-hormon yang dilepaskan selama melakukan hubungan intim, terang Whipple, bisa meningkatkan ambang batas daya tahan terhadap rasa sakit.

6. DHEA tanpa suplemen. Saat melakukan hubungan intim, tubuh akan melepaskan DHEA (dehydroepiandrosterone), sejenis hormon suplemen."Tepat sebelum orgasme atau ejakulasi, jumlah DHEA meningkat tiga hingga lima kali lipat lebih banyak dibandingkan jumlah normal," tutur Crenshaw, seperti dikutip situs askmen.com.

7. Lindungi prostat. Menurut peneliti, masalah prostat muncul atau memburuk akibat penumpukan cairan di dalam kelenjar. Ejakulasi teratur bisa  membantu mengeluarkan cairan tersebut.

8. Redakan stres. Menurut Donahey, seks merupakan cara yang sangat efektif untuk mengurangi tingkat stres.

9. Kuatkan hubungan. Sentuhan penuh cinta, terang Crenshaw, akan meningkatkan kadar hormon oxytocin, hormon penguat hubungan. Oxytocin merupakan zat kimia penguat hasrat yang dikeluarkan oleh kelenjar pituitari. Pelepasan oxytocin secara teratur bisa mendorong aktivitas seksual.

10. Tingkatkan jumlah estrogen. Hubungan intim secara teratur, terang Donahey, bisa meningkatkan kadar estrogen pada perempuan. Hal ini berfungsi melindungi jantung dan menjaga agar jaringan vagina lebih lentur.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar