Entri Populer

Kamis, 27 Oktober 2011

Lima Langkah Menuju Kaya di Tahun 2011

BANYAK cara dapat Anda lakukan untuk menghemat uang sekaligus meningkatkan saldo tabungan. Memasuki tahun 2011 ini, mari membuat sejumlah langkah berarti demi meningkatkan kualitas kehidupan finansial Anda.

Berikut ini adalah sejumlah langkah keuangan kecil namun berarti, yang dapat Anda terapkan mulai sekarang:

Kartu kredit
Sebuah kartu kredit umumnya memiliki tingkat suku bunga tahunan sebesar 16,9 persen. Kalikan saja jumlah tersebut dengan besar pinjaman setahun, maka sebanyak itulah jumlah uang Anda yang terbuang percuma.

Gunakan kartu kredit dengan bijak dan rasional. Biasakan diri menghitung pemasukan dan pengeluaran tiap bulan, untuk mengetahui seberapa banyak uang yang dihabiskan.

Rencana perjalanan
Booking tiket perjalanan jauh-jauh hari guna mendapatkan harga termurah. Jika Anda berencana pulang kampung saat hari raya, atau pergi berlibur pada suatu waktu dalam tahun ini, pesan tiket akomodasi yang akan dipergunakan dari sekarang.

Barang bermerek
Orang tak jarang termakan bujuk rayu iklan atau mementingkan gengsi, sehingga membeli barang dengan harga lebih mahal asalkan mereknya terkenal. Padahal, bisa jadi ada barang sejenis dengan kualitas yang sama baiknya dengan harga lebih murah.

Mulai kini, buang jauh-jauh sikap brand-minded yang lebih mementingkan gengsi ketimbang fungsi. Lebih baik, alokasikan dana yang tersisa untuk keperluan lain yang lebih mendesak.

Primer vs sekunder
Pangkas berbagai pengeluaran yang tidak perlu. Misalnya, paket langganan televisi kabel sampai biaya keanggotaan gimnasium yang jarang Anda datangi.

Anggaran
Membuat anggaran merupakan cara paling sederhana namun efektif untuk mengatur keuangan Anda. Jika Anda menghabiskan lebih banyak uang daripada yang dihasilkan, itu artinya Anda berada dalam masalah.

Belajarlah melacak setiap rupiah yang Anda keluarkan, demi menghindar dari belitan utang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar