Entri Populer

Rabu, 07 Maret 2012

Profil Facebook Mampu Prediksi Kesuksesan Kerja

JIKA profil Facebook Anda memperlihatkan foto sedang pesta minuman, tolong dipikirkan lagi. Sebab faktanya profil Facebook akan berdampak pada perekrutan sebuah pekerjaan.

Temuan dalam studi terbaru oleh tiga universitas memperlihatkan bagaimana profil Facebook memprediksi kesuksesan kerja."Kami meneliti skor kepribadian melalui profil Facebook yang berkorelasi dengan kinerja pekerjaan," kata Profesor Manajemen di Northern Illinois University Donald Kluemper yang bekerjasama dengan peneliti di Auburn University dan University of Evansville dalam Journal of Applied Social Psychology seperti dikutip dari msnbc.msn.com

Mereka meneliti lima ciri kepribadian di kalangan pengguna Facebook termasuk hati nurani, kestabilan emosi, keramahan, ekstraversion dan keterbukaan. Sifat ini dikenal sebagai Big Five dalam bahasa psikologis dan sering digunakan dalam studi organisasi.

Para pengguna Facebook berjumlah 56 orang diberi skor kepribadian oleh evaluator independen. Enam bulan kemudian peringkat mereka dibandingkan dengan evaluasi kerja oleh supervisor di tempat kerja. Hasilnya semakin tinggi nilai kepribadian terbaik yang ditampilkan dalam profil Facebook semakin tinggi peringkat prestasi kerja yang dinilai oleh supervisor.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar