Entri Populer

Senin, 12 Desember 2011

Diet Yang Mencegah Kanker…

BERAPA banyak buah dan sayuran, atau pun biji-bijian yang diperlukan sebagai diet untuk pencegahan kanker? Dan seberapa besar ukuran setiap porsinya? American Institute for Cancer Research meluncurkan suatu kampanye pendidikan konsumen untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut. Beberapa saran kampanye tersebut antara lain:
* Pelajarilah tentang porsi makanan yang tepat untuk anda dengan cara meluangkan waktu satu hari untuk menakar jenis-jenis makanan tertentu. Misalnya, tuang cereal ke dalam sebuah mangkuk penakar dan ingat berapa banyak yang diperlukan dalam mangkuk sarapan anda setiap pagi.
* Pastikan dua per tiga dari porsi makanan anda terdiri dari buah-buahan, sayur-sayuran, biji-bijian dan kacang-kacangan, serta hanya sepertiganya terdiri dari daging atau ikan. Mintalah pelayan restoran untuk membungkus sisa daging/ikan yang anda pesan, sehingga anda bisa membawanya pulang, dan janganlah anda merasa harus mengkonsumsi seluruh makanan yang mahal itu di tempat. (Tapi kata sebagian orang. . . malu la yaaaa!)
* Cari penggantinya. Sebuah burger siap saji boleh dikonsumsi saat makan siang di kantor, jika menu makan malam anda sehat. Atau pilih burger ukuran biasa, bukan ukuran seperempat pon (satu ons), dan anda akan menghemat 160 kalori.
* Buah dan sayuran sebagai cemilan. Belilah wortel dan sayur-sayuran lainnya yang sudah dikupas dan dibersihkan – tuang ke dalam wadah untuk ditumis atau bawa ke tempat kerja sebagai makanan ringan. Atau masukkanlah potongan-potongan pisang atau buah lainnya ke dalam cereal.
Walaupun tips ini dikeluarkan oleh American Institute for Cancer Research untuk masyarakat Amerika, tidak ada salahnya kita mengambil manfaat darinya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar