Entri Populer

Minggu, 18 Desember 2011

4 CARA MEWUJUDKAN IDE BISNIS ONLINE ANDA

Ping! Tiba-tiba terlintas ide cemerlang di kepala Anda untuk memulai bisnis online. Rasanya sayang sekali bila ide tersebut lenyap begitu saja, padahal bisa saja ide bisnis Anda memiliki kesempatan untuk menjadi besar. Karena itu, Cheryl Rickman, pengarang buku The Small Business Start-Up Workbook, memberikan beberapa saran berikut untuk mengubah ide bisnis Anda menjadi kesuksesan di dunia nyata.     
Lakukan Riset Mengenai Ide Bisnis yang Akan Anda Jalankan      
Sangat penting untuk mengetahui apakah ide bisnis yang Anda miliki sudah pernah dikerjakan orang lain atau belum. Jika pernah, jangan patah semangat dulu! Karena bukan berarti Anda menemui jalan buntu. Coba deh teliti lebih dalam lagi. Jika market-nya memang besar, Anda masih memiliki kesempatan untuk mengembangkannya. Pastikan ide Anda dipoles dengan baik, sehingga bisa menjadi ide yang lebih baik daripada yang dimiliki kompetitor Anda.     
Cari Tahu Kelebihan dan Kelemahan Kompetitor     
Ide bisnis Anda akan muncul sebagai alternatif untuk menantang bisnis yang sebelumnya sudah pernah ada. So, Anda harus memiliki keunggulan untuk memenangkan kompetisi berupa keunikan yang membuat produk Anda lebih unggul. Semisal, produk Anda lebih baik, cepat, murah atau aman dibandingkan kompetitor.     
Bangun Nama Brand yang Memorable     
Jika Anda telah menemukan market yang tepat untuk mengembangkan ide bisnis, kini Anda membutuhkan nama brand yang menunjukkan kepribadian dan menggambarkan secara jelas produk seperti apa yang akan Anda jual. Anda bisa memulainya dengan membeli nama situs domain sebelum menciptakan logo yang Anda inginkan.     
Tuliskan Visi Yang Ingin Anda Capai     
Buatlah business plan secara detail mengenai hal apa saja yang Anda harus lakukan ke depannya, dan langkah-langkah untuk mengatasi kondisi terburuk dalam bisnis yang bisa saja Anda temui di tengah jalan. Akan sangat lebih mudah lho untuk mewujudkan ide Anda bila tahu dengan jelas apa saja yang harus Anda lakukan. Business plan akan bertindak sebagai peta untuk membimbing Anda ke arah yang tepat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar