Entri Populer

Minggu, 25 Desember 2011

5 Resep Sup untuk Musim Dingin

SIAPA yang tidak suka sup sehat dan menghangatkan di musim dingin? Berikut ini 5 resep sup sehat ala Abhay Kala, Sous Chef Eksekutif Courtyard di Marriott.

1. Sup sayur dan kacang
Bahan: 1 kaleng kacang putih, tiriskan, 50g mentega tawar, 1 bawang bombai besar, cincang halus, 1 siung bawang putih,cincang halus, 1 wortel besar, kupas dan cincang halus, 1 batang seledri, cincang halus, 1 liter kaldu sayuran, 1 kaleng tomat cincang, diblender, sejumput thyme kering, 1 sdt gula, 1 daun salam, segar atau kering, garam dan merica, 2 sdm daun peterseli halus yang dicincang.

Metode: Dalam panci besar atau panci lelekan mentega, tambahkan bawang merah cincang dan masak perlahan. Aduk terus. Tambahkan bawang putih, wortel dan seledri dan masak selama lima menit. Tambahkan sisa bahan dan masak sampai mendidih selama 30 menit. Jangan banyak diaduk. Tempatkan setengah sup ke dalam food processor dan haluskan. Aduk kembali pure kentang ke dalam panci dan bumbui. Untuk dihidangkan, pindahkan sup ke dalam mangkuk hangat dan hiasi dengan peterseli.

2. Sup wortel
Bahan: 700g wortel, kupas dan cincang, 2 bawang bombay sedang lalu kupas dan cincang kasar, 1 siung bawang putih, kupas dan dihancurkan, 3 sdm minyak zaitun extra virgin, 1 sdt jahe bubuk, 1 sdt bubuk kari, 1,6 liter kaldu ayam, garam dan lada hitam.

Metode: Panaskan minyak zaitun dalam panci dan tambahkan bawang dan wortel, tumis selama 5 menit. Tambahkan bawang putih, jahe dan bubuk kari dan masak selama satu menit. Tambahkan kaldu dan strip lemon ke dalam wajan, tutup panci dengan keadaan setengah tertutup dan didihkan perlahan selama 20 menit sampai wortel lunak. Setelah agak dingin untuk dinikmati tambahkan garam dan lada.

3. Sup jamur liar
Bahan: 1/2 lemon, 400g campuran jamur liar segar, dibersihkan, 200g jamur kancing, 3 bawang merah dicincang, 50g mentega, 100ml anggur putih, 500ml kaldu sayur, 1 siung bawang putih, dilumatkan, garam dan merica.

Metode: Lelehkan mentega dalam panci, tambahkan bawang merah cincang dan masak perlahan kira-kira 4 - 5 menit. Tambahkan jamur, tutup wajan dan masak perlahan selama 10 menit. Lalu tambahkan anggur, kaldu, bawang putih, cengkeh. Sebagai penyedap tambahkan sedikit garam dan merica.

4. Sup kembang kol, brokoli dan mustard
Bahan: 50g mentega tawar, 1 siung bawang merah sedang, cincang halus, 1 siung bawang putih besar, cincang halus, 1,5 sdt bubuk mustard kering, 1 kembang kol ukuran sedang, 1 brokoli kepala kecil, 1 liter kaldu sayuran, 1 kentang besar, kupas dan potong dadu , 1 sdm mustard gandum, garam, lada hitam.

Metode: Dalam panci besar lelehkan mentega, dan tumis bawang merah. Tambahkan bawang putih dan mustard. Masak selama 2 menit. Rebus kembang kol dan brokoli secara terpisah. Setalah itu keduanya dimasak dalah wadah yang sama dan tambahkan bawang dan beri kaldu sayur. Tambahkan kentang dan didihkan selama 15 menit atau sampai kentang masak. Lumatkan semua bahan sup dalam food processor. Saat dihidangkan tambhkan garam laut dan lada hitam.

5. Sup sayuran
Bahan: 1 bawang besar, kupas dan cincang halus, 2 siung bawang putih, cincang, 2 wortel besar, kupas dan cincang, 2 batang seledri, 1 sdm minyak sayur, sayuran berbagai macam sebanyak 300g, kupas, 600 ml kaldu ayam atau daging sapi, 1 daun salam, 1 sdt garam masala, 1,5 sdt jinten tanah, garam dan lada hitam.

Metode: Dalam panci panaskan kaldu dengan minyak sayur, tambahkan bawang. Lalu tambahkan wortel dan seledri dan masak selama 5 menit. Tambahkan sayuran cincang dan aduk. Selanjutnya tambahkan daun salam dan teluk dan masak sampai semua sayuran empuk dan matang. Haluskan sup dalam panci menggunakan blender tongkat atau tuangkan ke dalam food processor. Masak selama 5 menit dan tambahkan garam dan merica.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar