Entri Populer

Kamis, 19 Januari 2012

Langkah Jitu Merencanakan Liburan Keluarga Besar

LIBURAN bersama keluarga selalu menjadi momen bahagia. Namun bagaimanakah caranya mengumpulkan seluruh anggota dalam sebuah acara reuni keluarga besar?

Berikut ini beberapa hal yang bisa menjadi panduan Anda:

Perencanaan sedini mungkin

Merencanakan liburan keluarga bisa menjadi sangat sulit, khususnya jika melibatkan banyak anggota. Disarankan agar melakukan perencanaan sekitar dua tahun sebelumnya. Beri waktu agar mereka bisa menyocokan jadwal dan agar mereka punya kesempatan untuk menabung. Pastikan pula akomodasi yang ditentukan bisa menampung seluruh orang.

Tentukan tanggal Hindari pemilihan waktu-waktu sibuk, seperti liburan akhir tahun atau saat hari libur nasional. Tanyakan pendapat seluruh anggota. Hindari melakukan pergantian tanggal. Sekali tanggal keberangkatan diumumkan, semua anggota akan segera melakukan perencanaan. Perubahan tanggal akan berdampak bagi semuanya dan kemungkinan mereka menjadi berhalangan datang.

Tetap berkomunikasi

Selalu kirim pesan, seperti e-mail, agar semua orang tetap up to date dalam proses perencanaan, seperti siapa yang akan hadir dan kegiatan apa yang dilakukan. E-mail memudahkan berkomunikasi dan semua orang bisa memberikan feedback. Libatkan pula seluruh anggota untuk memberikan ide seperti rencana kegiatan, pemilihan tempat dan menu makanan.

Rencanakan aktivitas untuk seluruh anggota keluarga

Tiap anggota keluarga memiliki kesukaan masing-masing. Pikirkan pula tentang umur dan keterbatasan fisik saat merencanakan kegiatan. Misalnya orang tua tak bisa dilibatkan untuk aktivitas seperti scuba diving, atau anak-anak yang tak mungkin bergabung dalam acara orang dewasa. Pilih tempat besar untuk menampung kegiatan yang bisa dinikmati semua orang.

Pastikan Anda juga menikmati liburan

Penghargaan terbaik untuk diri Anda setelah mengatur liburan keluarga adalah menikmati hari liburan saat Anda tiba. Mintalah bantuan pada anggota keluarga lainnya agar Anda bisa menghabiskan waktu sendirian. Meminta pertolongan akan sangat membantu Anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar