Entri Populer

Kamis, 19 Januari 2012

Ini Dia 10 Hotel Ramah Lingkungan di Indonesia

SEPULUH hotel Indonesia dinobatkan sebagai hotel ramah lingkungan dalam ASEAN Green Hotel Recognition Award 2012. Penghargaan diberikan saat acara ASEAN Tourism Forum pada Rabu (11/1) silam di Grand Kawanua Convention Center, Manado, Sulawesi Utara.

Kesepuluh hotel tersebut di antaranya Matahari Beach Resort & Spa (Bali), Discovery Kartika Plaza Hotel (Bali), Holiday Inn Resort (Batam), Angsana (Bintan), Melia Benoa (Bali), Losari Spa Retreat & Coffee Plantion (Magelang, Jawa Tengah), St. Regis Bali Resort (Bali), Melia Bali Villa & Spa Resort, Dharmawangsa Jakarta, dan Hotel Gran Melia Jakarta.

Penghargaan diberikan oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Mari Elka Pangestu, yang turut hadir dalam upacara bersama seluruh Menteri Pariwisata dari 10 negara ASEAN. Berdasarkan pemaparan Mari Pangestu perhelatan ASEAN Green Hotel Award dilangsungkan tiap dua tahun sekali. Indonesia menjadi tuan rumah ketiga setelah Thailand (2008) dan Brunei Darussalam (2010).

Penghargaan ini merupakan penghormatan dan pengakuan terhadap para stakeholder hotel yang mengikuti standar berdasarkan ASEAN Green Hotel Standards dalam servis mereka. Permasalah terkait lingkungan merupakan hal utama yang menjadi kriteria yang wajib dipenuhi sesuai dengan apa yang sudah ditetapkan.

Perubahan iklim dan pemanasan global menjadi alasan pencetusan Green Hotel Standards yang pertama kali diusulkan pertama kali pada tahun 2007. Melalui penghargaan tersebut diharapkan industri perhotelan akan meningkatkan kompetensi mereka dalam menarik pengunjung dengan peningkatan kualitas servis, khususnya untuk semua hotel di kawasan ASEAN.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar