Entri Populer

Selasa, 10 Januari 2012

5 Manfaat Yoga untuk Kenikmatan Bercinta

Sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam The Journal of Sexual Medicine pada tahun 2009 mengungkapkan bahwa perempuan yang awalnya tidak merasa bahagia dengan kehidupan seksnya, ternyata perlahan mengalami perubahan yang signifikan dalam kehidupan seksnya. Perubahan ini meliputi peningkatan gairah, keinginan untuk bercinta, serta orgasme yang lebih baik. Perbaikan dalam kehidupan seks ini ternyata disebabkan karena para perempuan ini berlatih yoga. Psikolog, terapis fisik, sekaligus penulis buku A Happy You: Your Ultimate Prescription for Happiness, Dr Elizabeth R. Lombardo, percaya bahwa yoga memang sangat baik untuk meningkatkan kehidupan seks Anda. Alasannya adalah sebagai berikut:

1. Melatih fokus perhatian.
Sebagian besar fokus dari yoga adalah untuk menenangkan pikiran dan otak. Setiap hari, Anda biasa berpikir tentang berbagai hal yang harus dilakukan. Tak jarang hal ini membuat Anda cepat lelah dan stres. Pikiran-pikiran seperti inilah yang dapat dengan mudah memengaruhi pikiran Anda saat di dalam kamar, sehingga mengurangi gairah untuk bercinta. "Mungkin saat itu fisik Anda ada di dalam kamar, tapi pikiran Anda melayang entah memikirkan apa, sehingga tidak fokus dengan pasangan Anda. Hal ini bisa mengurangi kenikmatan seks," ungkap Lombardo. Yoga bisa membantu Anda untuk mengatur dan mengelola pikiran serta stres Anda dengan lebih baik. Yoga juga bisa menenangkan pikiran sehingga Anda bisa berpikir jernih dan fokus pada hal yang sedang dilakukan, misalnya seks.

2. Lebih baik dari kegel. Latihan kegel yang mengutamakan kontraksi sederhana dari otot dasar panggul memang baik untuk meningkatkan gairah seks, karena latihan ini bisa memperkuat otot yang bekerja ketika melakukan seks. Namun, yoga dinilai lebih baik daripada senam kegel. Karena, yoga tak hanya memperkuat otot panggul, tetapi juga membantu pencapaian kontraksi otot selama bercinta, sehingga sesi bercinta menjadi lebih baik dan lebih lama.

3. Mengurangi stres. "Yoga merupakan salah satu cara untuk 'membunuh' stres," ungkap Lombardo. Ketika Anda stres, Anda cenderung kehilangan gairah untuk bercinta dan merasa tak punya waktu untuk bercinta. Stres secara harafiah mampu mengurangi libido Anda, dan mampu membuat Anda depresi. Dengan beryoga, Anda bisa merelaksasikan pikiran dan mengurangi serangan stres dalam otak. Hal ini berarti bahwa dengan pikiran bebas stres maka gairah seks Anda akan meningkat. Anda akan berpikir untuk melihat seks sebagai sesuatu yang menyenangkan ketika Anda tidak superstres.

4. Meningkatkan kekuatan dan fleksibilitas.
Yoga sangat baik untuk mengencangkan otot tubuh, fleksibilitas, dan daya tahan saat bercinta. Perkembangan yang dihasilkan dari daya tahan dan kekuatan otot yang didapatkan dari yoga dapat membantu selama seks, terutama bagi Anda yang menyukai seks yang atraktif.

5. Kepercayaan diri.
Yoga bisa meningkatkan kepercayaan diri Anda, karena ketika Anda berada dalam kondisi tubuh yang prima dan bentuk tubuh yang ideal, maka Anda akan merasa lebih percaya diri. Kepercayaan diri ini juga membantu Anda merasa lebih nyaman di kamar tidur bersama pasangan. "Ada perubahan biokimia yang terjadi di dalam otak ketika kita latihan yoga. Hal ini bisa membantu meningkatkan kepercayaan diri kita bahkan meskipun bentuk tubuh kita belum berubah," tukas Lombardo.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar