Entri Populer

Selasa, 24 Januari 2012

Ilmuwan Rusia Tangkap Tanda Kehidupan di Venus

JAKARTA--MICOM: Indo-Asia News Service melaporkan pada Sabtu (21/1) bahwa seorang ilmuwan Rusia telah menerbitkan sebuah klaim adanya bukti kehidupan di Venus, planet terdekat Bumi.

Leonid Ksanfomaliti, astronom dari Academy of Sciences di Space Research Institute Rusia, menganalisis foto yang diambil pesawat luar angkasa Rusia yang mendarat pada 1982 selama misi untuk mengeksplorasi planet berawan dan asam itu.

Venus memiliki ukuran yang nyaris sama dengan Bumi, tetapi memiliki atmosfer tebal didominasi karbondioksida. Demikian disampaikan Daily Caller.

Dengan tekanan atmosfer 92 kali dari Bumi, tanpa adanya air, penuh gunung berapi, dan suhu permukaan 894 derajat, planet ini tidak pernah dianggap sebagai target yang serius dari penelitian kemungkinan kehidupan di luar Bumi.

Namun, dalam artikel yang dipublikasikan dalam majalah Solar System Research, Ksanfomaliti mengatakan foto-foto yang menggambarkan objek menyerupai sebuah piringan, satu sayap pesawat hitam, dan seekor kalajengking.

"Bagaimana jika kita lupakan tentang teori-teori saat ini bahwa tidak ada kehidupan di Venus?" tulisnya. "Mari kita berani menyarankan bahwa ciri-ciri morfologi objek memungkinkan kita untuk mengatakan bahwa mereka hidup."

Penelitian lain telah menyarankan bahwa air mungkin pernah menutupi Venus. Tapi konsensus ilmiah menetapkan bahwa tidak ada lautan di sana selama minimal 2 miliar tahun.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar