Entri Populer

Kamis, 28 Juli 2011

Singkirkan Benda-benda ini dari Dompet

TIDAK sedikit orang yang menjadi korban pencurian identitas belakangan ini. Informasi pribadi yang dibutuhkan para pencuri identitas itu seringkali tersimpan di dalam dompet Anda.

Mellody Hobson, presiden Ariel Investments, mengungkapkan sejumlah benda yang sebaiknya tidak Anda taruh di dalam dompet demi keamanan. Berikut ini adalah beberapa di antaranya seperti dikutip situs abcnews.go.com:

Struk transaksi
Struk transaksi bukan hanya akan memenuh-menuhi dompet, melainkan juga bisa berisi informasi tentang Anda yang bisa digunakan oleh pencuri identitas. Oleh karena itu, biasakan diri untuk mengeluarkan struk apa pun dari dalam dompet setiap malam.

Simpan struk tersebut hingga akhir pekan untuk mengeceknya silang dengan rekening bank atau website kartu kredit Anda. Atau, simpan sampai akhir bulan untuk menyesuaikannya dengan laporan bulanan Anda. Tapi, jangan pernah menyimpan struk tersebut di dalam dompet Anda.

Paspor
Anda juga sebaiknya tidak membawa paspor di dalam dompet, meski pun ketika itu sedang berada di luar negeri. Sebaliknya, tinggalkan paspor di tempat yang aman di hotel dan bawa saja fotokopi halaman berfoto.

Selain itu, jangan menyimpan daftar pin dan password di dalam dompet. Tindakan itu akan menjadi tambang emas bagi pencuri.

Kartu kadaluarsa
Jangan membawa kartu apa pun yang telah kadaluarsa di dalam dompet, termasuk kartu kredit lama atau kartu keanggotaan. Hanya karena kartu-kartu itu sudah kadaluarsa, bukan berarti pencuri tidak akan mencoba untuk menggunakannya.

Selain itu, kartu-kartu itu juga mungkin mencantumkan nama dan alamat Anda serta beberapa informasi pribadi lainnya. Semakin banyak informasi yang Anda jauhkan dari orang lain, semakin baik untuk keamanan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar