Entri Populer

Minggu, 17 Juli 2011

Junk Food Merusak Pengendali Berat Badan

DI antara banyak efek buruknya, kenapa banyak studi menyebutkan bahwa junk food yang menyebutkan junk food atau makanan cepat saji merupakan faktor utama penyebab kegemukan?

Ternyata ada sebuah zat di dalam junk food yang merusak bahkan menghancurkan sel-sel otak yang mengontrol berat badan. Ini tentunya mengarah ke obesitas. Kesimpulan itu didapat setelah peneliti memberi makan tikus sejenis makanan yang serupa dengan junk food yang tinggi akan lemak. Mereka menemukan tikus-tikus tersebut mengalami peningkatan asupan kalori dua kali lipat tiga hari kemudian.

Terlihat pula adanya peradangan di hipotalamus, yakni bagian dari otak yang berisi neuron yang mengontrol berat badan. Meskipun akan berhenti beberapa hari kemudian, peradangan kambuh setelah empat minggu.

Peneliti utama Dr Yosua Thaler dari Pusat Diabetes dan Obesitas of Excellence di Universitas Washington di Seattle mengatakan para ilmuwan juga mendeteksi respons penyembuhan terhadap cedera otak yang disebut gliosis. "Gliosis dianggap setara dengan penyembuhan luka pada otak dan biasanya terlihat dalam kondisi cedera syaraf, seperti stroke dan sklerosis ganda," kata dr Thaler seperti dikutip dari Daily Mail.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar