Entri Populer

Sabtu, 23 Juli 2011

Citra Tubuh Positif Kunci Ramping

DARI banyak upaya dalam mendapatkan tubuh yang lebih ramping, para ilmuwan mengungkap metode yang paling efektif dalam menjalani upaya tersebut. Apakah itu?

Body image atau 'citra tubuh' mengacu pada bagaimana perasaan seseorang yang percaya diri atas tubuh mereka sendiri. Perasaan itu dibentuk oleh berbagai faktor seperti pengalaman hidup, kepribadian, dan tekanan sosial.

Para peneliti menemukan bahwa perempuan yang mengalami kelebihan berat badan atau obesitas yang diberikan saran tentang kesehatan secara umum mampu kehilangan 2 persen dari berat awal mereka dalam setahun.

Namun, mereka yang juga menjalani terapi kelompok guna mendiskusikan hambatan masing-masing juga kehilangan lebih 7 persen dari berat awal mereka selama periode yang sama. Para ilmuwan dari Technical University of Lisbon dan Bangor University pun melaporkan temuan mereka ini dalam International Journal of Behavioural Nutrition and Physical Activity edisi Juli 2011.

Pemimpin riset Dr Pedro Teixeira dari Technical University of Lisbon, mengatakan, "Pencitraan terhadap tubuh sendiri sering kali menjadi masalah umum di antara orang gemuk dan obesitas. Ini menimbulkan hambatan untuk menurunkan berat badan. Hasil penelitian kami menunjukkan adanya korelasi kuat antara peningkatan citra tubuh, terutama dalam mengurangi kecemasan tentang pendapat orang lain dan perubahan positif dalam perilaku makan."

Seperti dikutip dari Daily Mail, Senin (18/7), ia menambahkan, "Kami pun percaya belajar untuk mencintai tubuh dalam cara-cara sehat merupakan aspek penting dari menjaga berat badan dan harus diterapkan dalam setiap program pengendalian berat badan."

Tidak ada komentar:

Posting Komentar