Entri Populer

Kamis, 21 Juli 2011

Musik Percepat Proses Langsing

SEPERTI halnya kafein, musik juga mampu membuat tubuh dan pikiran tersentak seakan-akan memberi tahu kita untuk 'bangun'. Maka itu, kita bisa memanfaatkan musik sebagai teman saat berolahraga. Selain membuat sehat, mendengarkan musik juga akan membuat kita merasa senang. Mau tahu apa saja kekuatan musik dalam membantu kita menuju tubuh yang sehat dan bugar?

a. Mempercepat gerakan
Sadarkah Anda, semakin cepat tempo, semakin cepat Anda bergerak. Sebuah studi yang dimuat di Scandinavian Journal of Medicine & Science menemukan bahwa ketika tempo musik dinaikkan 10 persen, tanpa disadari sukarelawan, pengendara sepeda akan mengayuh dengan kekuatan. Mereka pun tampak senang berolahraga sekaligus menikmati musik.

b. Bikin betah berolahraga
Banyak penelitian menunjukkan bahwa mendengarkan musik jenis apa saja akan membuat Anda berada di treadmill lebih lama. Ketika mendengarkan lagu yang inspiratif dengan lirik yang bersemangat, otomatis kita akan berolahraga dalam waktu yang lebih lama.

c. Membuat gerakan terasa lebih mudah
Penelitian menunjukkan bahwa musik membantu kita dalam melakukan gerakan-gerakan sulit sehingga tampak mudah dilakukan. Musik efektif mengeblok rasa lelah ketika melakukan aktivitas berat seperti berolahraga.

d. Menambah kekuatan
Mereka yang berlatih angkat beban sembari mendengarkan musik akan mampu melakukannya lebih lama, menurut penelitian dari Journal of Sports Sciences. Para ahli berspekulasi bahwa baik melodi maupun irama membantu psikologi Anda hingga tetap kuat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar