Entri Populer

Minggu, 29 Mei 2011

Solusi Aman Memakai Sepatu Hak Tinggi

SEPATU seyogianya menjadi alas dan pelindung kaki. Namun, model sepatu yang berevolusi dari waktu ke waktu justru membuat pemakainya merasa kian sengsara.

Ukuran hak sepatu kini semakin tinggi menjulang. ''Kami para ahli penyakit kaki suka menyebutnya sebagai shoe-icide,'' cetus Hillary Brenner, DPM, juru bicara American Podiatric Medical Association. Menurutnya, sepatu dengan hak supertinggi dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan, mulai dari pergelangan kaki keseleo sampai rasa sakit kronis.

Kelainan bentuk tulang
Hak sepatu, baik yang ukurannya setinggi langit mau pun sedang, dikenal sebagai penyebab rasa sakit di bagian belakang tumit. Material yang kaku menekan kelainan bentuk tulang berupa tonjolan pada tumit sehingga menyebabkan lecet, bengkak, radang kandung lendir, sampai rasa sakit pada tendon achilles. Es batu, orthotic, dan bantalan tumit dipercaya bisa membantu meredam rasa nyeri.

Ketidakwajaran posisi kaki
Hak sepatu supertinggi memaksa kaki berada dalam posisi yang memberi tekanan pada bola kaki. Pada saat bersamaan, tulang metatarsal panjang bertemu dengan tulang sesamoid yang berbentuk kacang polong, dan tulang jari kaki (ruas). Terlalu banyak tekanan dapat merangsang tulang-tulang atau saraf yang mengelilinginya. Tekanan kronis pada tulang kaki bahkan dapat menyebabkan tulang menjadi retak.

Pergelangan kaki terkilir
Semua sepatu hak tinggi meningkatkan risiko terjadinya keseleo pergelangan kaki. Masalah yang paling umum adalah keseleo lateral, yang terjadi ketika kaki tertekuk ke luar. Insiden ini dapat meregangkan ligamen pergelangan kaki di luar panjang yang normal. Keseleo yang parah bahkan dapat merobek ligamen. Pergelangan kaki yang terkilir tidak boleh digerakkan dan memerlukan terapi fisik untuk penyembuhan menyeluruh. Risiko mengembangkan osteoartritis juga meningkat seiring dengan keseleo parah atau fraktur pergelangan kaki.

Solusi
Kenakan sepatu dengan ukuran hak lebih rendah untuk membantu menghindari masalah dengan tulang metatarsal. Semakin rendah hak sepatu yang Anda pakai, semakin alami posisi kaki Anda. Brenner menyarankan untuk memilih sepatu dengan ukuran hak tidak lebih dari 5 cm.

Selain itu, pilih sepatu dengan hak tebal yang memiliki luas permukaan lebih banyak, sehingga mampu mendistribusikan berat badan Anda secara lebih merata. Hal ini membuat kaki lebih stabil dibandingkan saat mengenakan stiletto atau spindle heels. Sepatu hak tinggi tebal masih dapat menempatkan tekanan pada bola kaki. Namun, sepatu model ini mampu mengurangi bahaya tersandung dengan meminimalisasi kemungkinan pemakainya terhuyung-huyung.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar