Entri Populer

Senin, 30 Mei 2011

Enam Langkah Percepat Kebebasan Finansial

KEMERDEKAAN finansial tidak bisa dicapai semudah membalikkan telapak tangan. Apalagi jika Anda sebelumnya telah terjebak dalam belitan utang. Ikuti langkah demi langkah berikut ini, untuk memastikan Anda mencapai kebebasan finansial sendiri.

1. Komitmen
Buat komitmen terhadap diri sendiri. Hanya Anda yang bisa melangkah dan membuat perubahan demi mencapai kebebasan finansial yang selama ini diidamkan oleh Anda, bukan orang lain. Pandang bayangan Anda di cermin, dan bayangkan sosok impian Anda, khususnya dia yang memiliki kontrol penuh atas keuangannya.

2. Bantuan
Anda tidak harus melalui segala kesulitan ini seorang diri. Temukan batu pijakan dengan meminta bantuan dari orang yang lebih memahami soal keuangan pribadi. Temukan saudara, teman, kenalan, atau bahkan profesional yang bisa ditanyai dan dimintai bantuan untuk mengatasi situasi yang Anda hadapi.

3. Tujuan
Mendeklarasikan keinginan untuk merdeka secara finansial merupakan pernyataan inti. Anda harus menetapkan tujuan-tujuan kecil yang lebih spesifik untuk membantu mencapai tujuan akhir tersebut. Apa pun jalan yang diambil untuk mencapai tujuan besar itu--mulai dari menelusuri pengeluaran selama sebulan, menetapkan dan berpegang pada anggaran keuangan, menabung sejumlah uang tertentu untuk dana darurat, atau melunasi utang kartu kredit setiap bulan--tuliskan tujuan-tujuan baru secara berkesinambungan begitu tujuan sebelumnya tercapai.

4. Menakar nilai
Jika Anda tidak mengetahui nilai jual Anda, bagaimana bisa menegosiasikan gaji yang layak dan menghasilkan lebih banyak uang? Cari tahu berapa nilai Anda dengan melakukan penyelidikan tentang posisi yang ditempati, atau bertanya kepada orang dalam. Menurut Linda Babcock, penulis 'Ask For It', segala hal di tempat kerja tersedia untuk disambar, mulai dari proyek, kenaikan gaji, upah, jam kerja, tanggung jawab. Semuanya, katanya, bisa dinegosiasikan.

5. Memasarkan diri
Jika nilai jual Anda tidak setinggi yang diharapkan, jangan buru-buru berkecil hati. Sebab, Anda masih bisa menemukan cara kreatif untuk memasarkan diri, seperti mengambil kursus untuk menambah keahlian, atau menjadi sukarelawan di sebuah organisasi yang berhubungan dengan minat karier Anda.

6. Kinerja memuaskan
Kemampuan untuk mendapatkan penghasilan merupakan aset terbesar Anda dalam meraih kebebasan finansial. Oleh karena itu, jadilah orang yang dibutuhkan perusahaan dengan menunjukkan kualitas unggul dalam setiap pekerjaan. Jika ada kesempatan promosi, Anda memiliki peluang lebih besar untuk mendapatkannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar