Entri Populer

Senin, 16 Mei 2011

Cara Hentikan Kebiasaan Gigit Kuku

ANDA sering menggigit kuku saat Anda bosan atau stres? Menggigit kuku memang kebiasaan yang sulit untuk dilepas. Tetapi, bukan berarti tidak bisa dihentikan. Jika Anda sudah lelah melihat bentuk kuku yang rusak akibat karya gigi Anda, maka cobalah cara sederhana berikut untuk mendapatkan kuku yang sehat dan cantik. Dengan berhenti menggigit kuku, Anda juga akan terbebas dari infeksi dan rasa sakit.

1. Atasi masalah Anda. Ambil kamera dan fotolah tangan Anda. Periksa kuku Anda dan buat daftar mengenai masalah kuku apa saja yang Anda temukan.
2. Visualisasikan diri Anda dengan kuku yang sehat,bayangkan betapa indahnya jari Anda dalam keadaan sehat.
3. Pilihlah salah satu jari Anda untuk dirawat dan bebaskan dari gigitan
4. Setelah beberapa hari, kuku yang tidak Anda gigit sudah akan mulai tumbuh sehat. Jangan gigit kuku tersebut. Jika tidak tahan, pilihlah salah satu kuku yang lain. Setelah kuku tersebut tumbuh bagus, lanjutkan dengan kuku yang berikutnya satu per satu sehingga semua kuku jadi sehat dan terlindungi. Begitu melihat kuku tumbuh sehat, Anda tentunya tidak akan tega lagi merusaknya.

5. Dokumentasikan perkembangan kuku Anda. Ambilah foto kuku sebelum dan sesudah dirawat dan letakkan di tempat atau buku yang mudah Anda lihat. Hal ini tentunya akan bisa memotivasi Anda.

6. Konsumsi kalsium dan magnesium. Pilihlah makanan yang kaya kalsium dan magnesium. Dengan begitu kuku akan tumbuh dengan baik. Tidak hanya itu, sebagian besar orang menggigit kuku disebabkan oleh kekurangan magnesium dan kalsium di dalam tubuh.

7. Lakukan hobi yang bisa menggantikan aktivitas menggigit kuku.
Jika tiba-tiba Anda ingin menggigit kuku, lakukan hobi tersebut sebagai gantinya. Beberapa orang memilih memukulkan jari mereka untuk menghasilkan irama tertentu atau hanya sekedar memandangi jari mereka. Tetapi, pastikan kalau hobi baru yang Anda pilih adalah hal yang positif.

8. Alihkan mulut Anda ke benda lain.
Jika ingin mulut Anda tetap sibuk, Anda bisa mengganti kuku dengan wortel. Jika tidak suka wortel, bisa juga diganti dengan permen karet.

9. Jauhkan tangan Anda dari mulut dengan melakukan aktivitas yang melibatkan tangan.

10. Jika kebiasaan menggigit jari Anda lakukan secara tidak sadar (mungkin Anda tisak menyadari saat Anda mulai menggigit jari), maka ada baiknya melakukan hipnoterapi. Para praktisi hipnoterapi akan menggunakan beberapa teknik untuk mengalihkan perhatian Anda dan dengan mudah bisa menghentikan kebiasaan buruk yang tidak diinginkan.

11. Jika bisa, perhatikan bagaimana dan kapan Anda mulai menggigit kuku. Mungkin ada sebab khusus yang mendorong Anda melakukannya. Penyebab ini misalnya stres atau kebosanan. Mengenali dan mengatasi penyebab sebenarnya bisa membantu Anda menghentikan kebiasaan menggigit kuku dan kebiasaan buruk lainnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar