Entri Populer

Senin, 02 April 2012

Anak Patuh pada Orangtua? Ini Caranya

TAK jarang, orangtua menemui kesulitan saat mendidik anak menjadi seseorang yang patuh. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor, salah satunya orangtua yang terlalu sibuk dengan pekerjaannya.
Karena itu, Anda perlu simak panduan ini agar anak lebih patuh perkataan orangtua, seperti dilansir Boldsky.

- Hal pertama yang harus dilakukan adalah, Anda perlu memahami sikap dan perilaku anak. Anda perlu memerhatikan alasan anak tidak mau mendengarkan perkataan Anda. Alasan anak tidak mau mendengar Anda mungkin mereka tidak menyukai hal yang Anda katakan. Untuk mengatasi hal ini, Anda perlu mengobrol dengan anak untuk mengetahui apa yang mereka inginkan.

- Membuat anak patuh pada orangtua bukanlah perkara mudah. Sebagai orangtua, Anda perlu memberi pengertian kepada anak bahwa patuh pada orangtua merupakan hal yang baik.

- Mengajarkan anak agar patuh pada Anda perlu dilakukan secara pelan dan sabar. Anda tidak perlu marah bila anak tidak taat, namun cukup memberitahunya dengan nada bicara biasa namun tegas. Anda pun tidak perlu memukulnya. Anda hanya perlu memberitahu bahwa hal yang dilakukannya salah.

- Anda perlu memberikan contoh kepada anak mengenai kepatuhan. Contoh tersebut dapat Anda berikan melalui dongeng. Anda bisa menceritakan beberapa dongeng atau memberinya buku bacaan. Melalui cara ini, anak anak belajar nilai-nilai tentang kehidupan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar