IKUTI pedoman dasar tentang
pengaturan uang di bawah ini agar mendapatkan gambaran mengelola
pemasukan dan pengeluaran anggaran keuangan.
1. Ketahui aliran uang
Anda harus mengetahu kemana uang pergi setiap bulannya. Cara
tercepat untuk melakukannya bisa mendaftar pada situs gratis seperti
NgaturDuit.com. Anda tinggal memasukkan informasi pendapatan dan
pengeluaran dari kartu kredit, rekening bank, rencana pensiun, pinjaman
dan investasi. Akun Anda otomatis terupdate dari setiap transaksi dalam
format dokumen keuangan.
2. Buat anggaran
Mulailah membuat anggaran belanja agar tetap dalam zona pintar
mengelola keuangan. Simpan kuitansi digital untuk memberitahu Anda
tagihan mendatang sebelum jatuh tempo. Kuitansi digital ini bisa dengan
cara dipotret dan disimpan secara berkala atau disesuaikan dengan
kebutuhan.
3. Optimalkan tunjangan dari gaji
Sebuah rekening pengeluaran fleksibel memungkinkan Anda mendapatkan penggantian biaya kesehatan seperti kacamata dan persalinan.
4. Bayar tagihan kartu kredit tepat waktu
Prioritaskan membayar tagihan di awal bulan setelah menerima gaji.
Pergunakan satu atau dua kartu kredit saja untuk menjaga keseimbangan
pengeluaran.
5. Atur tagihan bulanan
Buat akun email yang khusus mengirimkan tagihan bulanan melalui
pengiriman elektronik. Tandai di kalender untuk masing-masing tagihan
sebelum jatuh tempo pembayaran sehingga Anda dapat membaca dan
memperbaiki kesalahan pernyataan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar