Dalam
bisnis apapun mengatur jam kerja adalah hal yang harus di optimal dan
perhatikan agar semua perkerjaan bisa berjalan lancar dan tidak ada
pekerjaan yang menumpuk apalagi bisa terlewat yang akhirnya mengacaukan
semua jalannya pekerjaan yang sudah kita inginkan hasilnya.
Nah,
begitupun halnya dengan waktu dan jam kerja dalam bisnis online. Banyak
orang yang justru malah membuang waktu di depan internet dengan tanpa hasil, waktu yang terbuang, dan malahan biaya banyak yang sudah di keluarkan. Dengan kata lain hanya sibuk dan tidak produktif.
Berikut 10 tips mengatur jam kerja anda untuk berbisnis online agar bisa lebih efektif, efisien dan produktif dan tentunya ini akan membuat anda lebih kaya :
1. Buatlah perencanaan
Anda
memerlukan perencanaan kerja harian. Kalau tidak demikian, anda akan
mengalokasikan waktu menurut apa saja yang kebetulan ada dimeja tulis
anda. Awasilah setiap hari dengan membuat jadwall umum, dengan penekanan
khusus pada dua atau tiga hal yang ingin anda selesaikan. Makin banyak
waktu yang kita lewatkan untuk merencanakan sebuah project/pekerjaan,
makin sedikit waktu yang diperlukan untuk menyelesaikannya.
2. Pusatkan perhatian
Golongan
yang menghadapi masalah besar dalam hal pengurusan waktu biasanya
mencoba melakukan banyak hal sekaligus. Jumlah waktu yang digunakan
dalam suatu pekerjaan bukanlah hal yang penting. Tetapi yang lebih
penting ialah menyediakan waktu yang tidak terganggu.
3. Ambillah waktu untuk istirahat
Bekerja
dalam waktu yang lama apalagi di depan sinar komputer tanpa istirahat
bukanlah penggunaan waktu yang efektif. Tenaga makin menurun, mata yang
lelah, kebosanan makin mempengaruhi serta ketegangan fisik dan mental
makin mengganggu. Oleh karena itu, anda memerlukan waktu istirahat yang
secukupnya, kerana hanya dengan beristirahat sebentar saja bukan
merupakan cara yang paling baik.
4. Jauhkan suasana berkecamuk
Kebanyakan
orang selalu membiarkan meja tulisnya dipenuhi kertas yang bertumpuk.
Mereka mengira bahawa dengan cara itu persoalan yang penting akan naik
sendiri ke atas timbunan kertas itu. Sebenarnya keadaan
berantakan/berkecamuk seperti ini mengganggu pandangan serta
meningkatkan ketegangan dan membingungkan apa yang seharusnya anda
kerjakan.
5. Jangan menjadi ‘perfectionist’
Ada
perbedaan yang besar antara berusaha mendapat hasil yang baik dan
bermati-matian mengejar kesempurnaan. Hal yang pertama , dapat dicapai,
memberi kepuasan dan keberhasilan. Sementara langkah yang kedua,
selalunya mustahil, mengakibatkan kekecewaan dan gangguan jiwa :-) Ia
juga mengakibatkan mubazir waktu yang sia-sia.
6. Jangan takut mengatakan "TIDAK"
Dari
banyak teknik menghemat waktu yang pernah ada, yang paling efektif
ialah selalu menggunakan perkataan tidak. Belajarlah menolak dengan
mengunakan kebijaksanaan tetapi tegas terhadap setiap permintaan atau
hal-hal yang tidak menunjang pencapaian tujuan anda.
7. Jangan menunda-nunda kerja
Penundaan
kerja pada umumnya merupakan kebiasaan yang sudah berakar. Walaupun
begitu, kita mampu mengubah kebiasaan ini asalkan kita menggunakan
sistem yang tepat seperti memutuskan untuk berubah segera setelah anda
selesai membaca artikel ini.
Sementara
hati anda tergerak oleh motivasinya. Mengambil langkah pertama dengan
segera adalah sangat penting. Seterusnya jangan mencoba terlalu banyak
pekerjaan dalam waktu yang singkat. Apa yang perlu dilakukan ialah
memaksa diri melakukan pekerjaan yang sudah tertunda sekarang juga.
8. Lakukanlah siasat radikal
Kegiatan
membuang waktu sama seperti kanker. Ia menghabiskan tenaga dan
cenderung tumbuh semakin besar. Satu-satunya cara penyembuhan adalah
pembedahan radikal. Jika anda membuang waktu dalam kegiatan yang
membuatkan anda bosan, alihkan perhatian daripadanya kerana ia
mensia-siakan tenaga anda. Buanglah kegiatan ini, sekali
untukselama-lamanya.
9. Delegasikan pekerjaan
Anda
tidak perlu menjadi pemimpin nasional untuk mampu mendelegasikan
pekerjaan. Sebagai peringatan, menyuruh bawahan pekerjaan yang tidak
disukai oleh anda dan orang lain bukanlah mendelegasikannya, tetapi
meberi perintah. Belajarlah mendelegasikan tugas yang penuh kesabaran
dan memberikan imbalan. Ini dapat membantu melonggarkan waktu anda dan
memberikan kesenangan untuk orang lain :-)
10. Jangan kecanduan kerja
Hampir
semua orak sukses mempunyai jam kerja yang panjang, tetapi mereka tidak
membiarkan pekerjaan mengganggu hal-hal yang pentig dalam hidup mereka,
seperti bergaul dengan teman-teman dan canda ria. Ini membezakan mereka
daripada orang yang kecanduan kerja yang sama tarafnya seperti orang
yang kecanduan alkohol. Gejala kecanduan kerja mencakupi penolakan untuk
mengambil cuti & berkerja di waktu yang seharusnya untuk berlibur.
Sekian
tips mengatur jam kerja anda, agar anda bisa bekerja dengan lebih
efisien waktu, biaya dan produktif. Khususnya untuk anda yang mulai
sedang menekuni bisnis online :-)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar