SEBAGAI sorang karyawan baru,
pastinya kita ingin belajar banyak hal mengenai pekerjaan yang kita akan
geluti dari para senior di kantor. Berbagai pengalaman dan ilmu dari
mereka tentunya akan sangat berguna bagi kita dalam menekuni dan
menjalani pekerjaan. Namun, bila dibalik, untuk para senior, apa sih
keuntungan membagi ilmu dengan karyawan baru?
Selain bisa membuat kita menjadi sosok yang memiliki nilai lebih di
kantor, menjadi mentor bagi orang lain punya beberapa manfaat lho. Di
antaranya:
a. Lebih memahami pekerjaan.
Ya, menjadi bukan berarti menjadi senior kita akan tahu segalanya.
Akan ada beberapa ilmu yang bisa kita dapatkan dari junior sehingga kita
akan lebih memahami pekerjaan.
b. Lebih memahami pandangan orang.
Dengan berbagi ilmu dengan junior, niscaya kita bisa melihat persepsi orang lain persepsi untuk diri kita.
c. Memperluas jaringan.
Dengan membantu orang lain, secara tidak langsung kita juga bisa membangun jaringan yang dapat diandalkan ketika butuh bantuan.
d. Bantuan untuk memecahkan masalah.
Pada gilirannya nanti, junior kita dapat membantu dalam menyelesaikan masalah yang dihadapi.
e. Kepuasan pribadi.
Setelah melihat orang yang kita bina mampu mencapai keberhasilan,
akan muncul perasaan luas dalam diri karena telah membantu orang lain
untuk berhasil.
Membina orang lain di kantor, apalagi bila diberi amanat oleh
atasan, merupakan kesempatan emas. Manfaatnya bukan hanya untuk si anak
baru, tapi juga untuk Anda sendiri. Di sisi lain, tidak ada perasaan
yang lebih baik di dunia ini daripada bisa membantu orang lain mencapai
impian mereka. Ada pula karma yang menyebutkan bahwa semakin banyak yang
Anda berikan kepada orang lain, semakin banyak imbalan yang akan datang
kembali kepada Anda.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar