JIKA Anda memiliki situs dan ingin menjaring pelanggan, langkah
pertama yang harus dilakukan ialah mendapatkan data sosial profil
pengguna.
Berikut ini lima pedoman yang harus dipatuhi.
1. Disiplin dan berstruktur
Pertimbangkan hosting data dalam skema fleksibel dan
ekstensibel. Pastikan data memiliki aturan dan batasan di sekitarnya.
Sebagai contoh memverifikasi alamat email yang unik dan akurat, tanggal
lahir berformat konsisten lalu kode pos dan nomor telepon jika
diharuskan.
2. Didukung multi-channel
Menurut lembaga riset Nielsen, smartphone menduduki 40% pasar ponsel
di Amerika Serikat. Seorang pemilik ponsel cerdas bisa mengakses
internet lebih dari tiga. Jadi, anda bisa menyatukan multiperangkat dan
saluran. Misalnya saja, jaringan kios dengan situs milik mitra
tepercaya.
3. Ketersediaan dan cadangan
Seperti pengguna database lainnya, sistem penyimpanan profil sosial
harus tersedia 24/7. Sistem itu harus didukung layanan kelas perusahaan
sehingga meminimalisasi kegagalan disk dan gangguan layanan.
4. Mudah digunakan
Jika situs Anda menawarkan fitur komunitas seperti blog, review
atau komentar, kelola informasi publik melalui laman profil publik.
Pengguna tentunya mengharapkan antarmuka bermerek sehingga mereka
mengetahui siapa yang mengelola data. Antarmuka juga sebaiknya mudah
digunakan user friendly sesuai koleksi data.
5. Akses pihak ketiga
Ketika Anda menggabungkan data sosial atau data pengguna tradisional
tentunya membangun perspektif pengguna. Namun, tidak semua peralatan
pihak ketiga mengetahui segala sesuatu dalam membangun perspektif
pengguna.
Namun tidak semua peralatan pihak ketiga mengetahui segala sesuatu
dalam database Anda untuk beroperasi secara efektif. Sebagai contoh,
pemasaran menggunakan email mungkin hanya perlu akses ke nama pertama
dan terakhir.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar