Minggu, 29 Mei 2011

10 Kesalahan Dalam Menulis Email Bisnis

STUDI baru di Amerika Serikat menunjukkan peningkatan penggunaan email secara mobile. Walaupun tindakan surat menyurat ini lewat internet tetap harus beretika.

Berikut 10 kesalahan yang harus dihindari dalam menulis email seperti dikutip situs CNN.com:

1.Penggunaan huruf besar semua

Pernahkan menerima email seperti ini, KLIEN SAYA BUTUH BICARA DENGAN ANDA SEGERA!

Tidak sepantasnya Anda menulis kalimat dengan huruf besar semua. Kesannya Anda memerintah atau membentak seseorang. Pastinya tidak ada yang membalas email Anda.

2.Penggunaan font lucu

Pilih penggunaan tipografi huruf yang formal. Hindari font jenis Comic Sans, warna pink dan tanda tangan menggunakan Word Art.

3.Salah ketik nama

Pastikan nama kontak rekan bisnis Anda. Hindari kesalahan pengetikan nama dan jati diri penerima email.

4.Penggunaan emoticons

Hindari penggunaan Emoticons pada surat resmi.

5.Bahasa informal

Bahasa slang yang biasanya dikirim melalui SMS atau chatting sebaiknya tidak digunakan dalam mengirim surat resmi.

6.Bertele-tele

Lebih baik langsung menulis kalimat pada inti masalah.

7.Subyek harus jelas dan tegas

Subyek email harus menggambarkan isi surat. Bukan kalimat percakapan normal.

8.Mengirim terlalu banyak email dalam satu topik

Setelah 24 jam, barulah menanyakan perkembangan email yang dikirim. Jangan langsung memborbardir email pertanyaan perkembangan topik terkait kurang dari satu jam. Kecuali bila ada hal mendesak.

9.Clip art

Dilarang memasang Clip art pada surat resmi.

10. Korespondensi lewat Jejaring Sosial

Mengirim surat bisnis melalui Facebook terkesan meremehkan rekan bisnis Anda. Kecuali dalam situasi tertentu bila yang bersangkutan menanggapi positif.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar